2 Keuntungan Saham Perbulan Untuk Pemula

2 Keuntungan Saham Perbulan Untuk Pemula

Seputarliputan.com – Mengenal sebuah keuntungan didalam samham, seharunya anda menyimak 2 Keuntungan Saham Perbulan Untuk Pemula.

Cara belajar main saham patut diketahui oleh pelaku trading pemula sebelum terjun ke dunia investasi saham.

Pasalnya saham merupakan salah satu produk pasar modal yang memiliki risiko tinggi dan kamu bisa meminimalisir risiko supaya bisa mendapatkan banyak cuan.

Walau istilahnya ‘bermain saham’, kamu harus tetap menjalaninya dengan serius karena saham merupakan produk investasi yang bisa menguntungkan, namun juga bisa merugikan.

Bermain saham tanpa modal dan cara yang benar, hanya membuang waktu, uang, tenaga, dan pikiran.

Nah, sekarang saatnya kamu menyimak panduan cara belajar main saham bagi pemula. Poin-poin yang telah tim Qoala.

Siapkan panduan cara bermain saham online secara gratis yang bisa kamu coba untuk memanen keuntungan bermain saham melalui cara trading saham harian dan tahunan.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Untuk Anak Muda Terbaru 2022

1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

2 Keuntungan Saham Perbulan Untuk Pemula

Cara belajar main trading saham online modal kecil pertama, kamu harus memilih satu di antara banyaknya perusahaan sekuritas atau broker saham.

Biaya transaksi antar perusahaan sekuritas pun berbeda-beda. Tentu kamu agak bingung dengan apa yang dimaksud dengan ‘biaya transaksi’

Dalam investasi saham, kamu harus punya rekening efek (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan-perusahaan sekuritas ini.

Setelah punya rekening, kamu bisa top-up uang ke rekening efek yang nantinya berfungsi layaknya e-money. Kamu bisa membeli saham-saham yang diinginkan secara online melalui uang itu.

Selanjutnya yang dimaksud dengan ‘biaya transaksi’ adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini menjadi sumber pendapatan perusahaan broker yang kamu gunakan.

Misalnya ada sekuritas yang menerapkan biaya 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Terdapat pula yang 0,15 persen untuk pembelian dan 0,20 untuk penjualan, dan lain sebagainya.

Semakin kecil biayanya, tentu akan menguntungkan investor. Namun bukan berarti yang berbiaya besar tak layak dipilih.

Bisa saja aplikasi mereka lebih bagus dan pelayanan mereka terhadap nasabah juga lebih baik. Bila sudah tahu sekuritas mana yang mau dituju, kamu bisa menyiapkan dokumen terkait untuk membuka rekening dan belajar indeks atau IDX saham.

2. Jangan Pelit, tapi Jangan Kebablasan

Setelah memiliki rekening efek dan aplikasi main saham terbaik di laptop untuk pemula, kamu bisa transfer data atau top up ke rekening efek itu.

Bila merasa ragu itu wajar saja karena kita enggan kehilangan duit dari investasi. Namun, kamu enggak perlu khawatir karena cara bermain saham bisa dimulai dengan modal 100 ribu dan kamu tinggal mengikuti langkah yang dianjurkan.

Dalam transaksi saham terdapat satuan lot yang mana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Bila harga per lembarnya Rp1.000, berarti harga satu lotnya tinggal dikalikan 100 saja yakni Rp100.000. Tentu kamu tidak akan langsung dapat segepok duit dengan modal Rp100 ribu.  

Kamu perlu berinvestasi secara konsisten dan terukur, jangan gegabah membelanjakan seluruh uang untuk saham.

Kamu bisa trading saham harian dengan cara menggunakan 10% dari total uang kas di rekeningmu dan itu bukan dari dana darurat. Setiap bulan, lakukan transaksi dana 10 persen dari penghasilan bulanan untuk membeli saham.

Semakin besar jumlah dana yang kamu investasikan, maka semakin besar potensi keuntungan yang kamu dapat. Namun bila harga sahamnya turun, maka kerugian yang kamu alami juga besar.

Kamu harus belajar mengelola emosi dari investor kelas kakap untuk tetap berkepala dingin dalam mengambil keputusan.

Mengalami down saat bermain saham online merupakan hal yang biasa karena investasi ini tidaklah gratis, yang penting kita sudah tahu cara untuk tak mengulangi kesalahan yang sama.

You May Also Like

About the Author: Roberto

Leave a Reply

Your email address will not be published.