1 Ramadhan 2021 Bertepatan Pada Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya

Seputarliputan.com -Pada kesempatan kali ini admin akan memebrikan informasi terbaru mengenai 1 Ramadhan 2021 Bertepatan Pada Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya.

Untuk mengetahuinya Berikut di bawah ini penjelasan mengenai 1 Ramadhan bertepatan pada tanggal berapa?

Sidang isbat awal Ramadhan 1442 Hijriah akan dilaksanakan pada 12 April 2021 Yang di umumkan oleh Kementrian Agama (Kemenag).

Baca Juga :  Novel Charlie Wade Full Episode Terbaru Berikut Link nya

“Sidang Isbat akan di laksanakan pada 12 April, bertepatan pada 29 Sya’ban 1442 H“, Ungkap Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Akibat Covid-19, sidang isbat 2021 akan di laksanakan secara tertutp hanya digelar secara online, dikutip dari Wabsite Kemenag, Direktuk Urusan Agama Islam Agus menjelaskan, bahwa sidang isbat sekrang di tahun 2021 akan di bagi menjadi 3 tahap.

  1. Pemaparan posisi hilal di awal Ramadhan 1442 H akan di laksanakan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijrah Kemenag. Sesi ini akan di laksanakan pada pukul 16.45 WIB dan bisa di tonton secara online karena akan live di TV nasional.
  2. Sidang isbat akan di laksanakan setelah sholat Magrib, Tahap ini digelar secara tertutp.
  3. Koferensi pers hasil dari penelitian Mentri Agama Yang akan di siarkan di TVRI RI, dan medsos milik Kemenag, Ungkapnya.

Baca Juga :  NN NJ RP Keren Untuk Namja atau Laki-laki

Pemantauan hilal akan di laksanakan di 86 lokasi dan 34 provinsi di seluruh indeonsia, Mulai dari daerah Itimewah Aceh hingga sampai ke papua. Sebelumnya Menteri Agama Muhammadyah menetapkan awal puasa pada 13 April. Yang meruju pada hasil perhitungan Astronomi (Hisab) yang dipendomani Mejlis Tarjih dan Tardid Pimpinan pusat dari mihammadyah.

“1 Ramadhan a1442 Hijriah akan jatuh pada Selas, 13 April 2021 Masehi,” Ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadyah Haedar Nasir, Rabu ( 10/2/2021).

Baca Juga :  Novel Penjara Hati Sang CEO Full Episode Terakhir Berikut Link nya

Beradasrkan hasil hisam Muhammadyah, pada tanggak 12 April 2021 petang setelah matahari terbenam posisi dalam keadaan bulan baru (hilal) Dan di Yogyakarta sudah terlihat hilal dengan kondisi ketinggian di atas Ufuk 3 derajat 44 menit 38 detik.

Hilal juga akan nampak di beberapa tempat di Indonesia, Perhitunga hisab ketika kalkulasi akurat yang salah satunya digunakan untuk memetakan posisi matahari dan bulan.

Baca Juga :  Novel Penjara hati Sang Ceo Full Episode Terbaru

Muhammadyah umumnya akan mengelar sidang isbat jauh hari sebelum permintaan melalui Kementrian agama yang menggelar sidang isbat Awal Ramadan di setiap tahunnya. Muhammadyah menetapkan pendasaran 1 ramadhan menggunakan hisab, sementara kemenag memakai hisab yang di kombinasikan melalui bulan baru yang di sebut (Rukyatul Hilal).

Dari beberapa kali sidang isbat, bulan baru biasanya akan terlihat oleh perukyat jika hilal berada di posisi atas rufuk setinggi minimal 2 derajat setelah matahari terbenam.

Baca Juga : Tokyo Revengers Full Movie Sub Indo Terbaru

Dengan sudut ketinggian hilal yang di hitung pada 3 derajat maka kemungkinan umum islam akan mengalami puasa di waktu bersamaan.

Penutup

Untuk mengetahui kelanjutan informasi mengenai 1 Ramadhan 2021 Bertepatan Pada Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya. Akan admin infokan kembali.

Hanya itu yang admin dapat sampaikan, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :

Leave a Comment