6 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan

6 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan

Seputarliputan.com6 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan. Banyak orang berpikir bahwa kota adalah tempat yang paling ideal untuk mencari rezeki. Ketersediaan lapangan kerja yang lebih beragam dan luas, serta daya beli masyarakat yang tinggi.

Bahkan, jika kita bisa jeli, ada banyak peluang bisnis potensial di daerah pedesaan. Hanya bagaimana Anda mempersiapkan dengan baik, serta bekerja keras untuk mengembangkannya. Berikut beberapa peluang bisnis di desa yang bisa menjanjikan keuntungan:

1. Peluang Bisnis di Bidang Pertanian

Mengingat ketersediaan lahan yang masih sangat luas, serta faktor lingkungan alam yang juga sangat mendukung, sektor pertanian menjadi pilihan bisnis yang paling potensial untuk diterapkan di daerah pedesaan.

Baca Juga: 5 Jenis Kerajinan Tekstil yang Bisa Menghasilkan Uang

Anda dapat menanam tanah ini dengan berbagai jenis umbi, sayuran, dan buah-buahan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda dapat memilih untuk menanam sayuran mengingat waktu panen jauh lebih singkat daripada buah-buahan.

Dan bagi anda yang tidak memiliki lahan atau hanya memiliki lahan terbatas, Anda bisa bercocok tanam dengan model hidroponik. Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu menguasai teknik menanam tanaman dengan model ini.

2. Peluang Usaha di Bidang Peternakan

Selain pertanian, bisnis potensial juga di bidang peternakan. Anda dapat memelihara unggas, seperti ayam dan bebek, atau memelihara ikan seperti lele, belut, atau yang lainnya. Jika Anda tertarik beternak ayam, anda bisa memilih ayam petelur atau ayam potong.

Anda bisa mengelola keduanya, lalu dipasok untuk memenuhi kebutuhan permintaan ayam di perkotaan. Dalam pengelolaannya, Anda bisa menerapkan beberapa sistem peternakan ayam, seperti kandang jenis pos, baterai, dan pekarangan.

3. Peluang Bisnis di Bidang Bisnis

Meskipun masyarakat desa telah dikenal memiliki kemampuan daya beli yang rendah, bukan berarti mereka tidak melakukan transaksi jual beli sama sekali. Hanya bagaimana anda mencari celah dari potensi masyarakat perlu dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Baca Juga: 4 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Beserta Solusinya

Misalnya, jika Anda ingin berkecimpung di dunia kuliner, Anda bisa membuka usaha pembuatan kue dengan sistem pre-order atau booking. Anda juga bisa membuka usaha perdagangan di sektor pertanian dan peternakan, dengan menyediakan segala kebutuhan sektor tersebut.

Seperti kebutuhan benih, pupuk, obat hama, pakan ternak, dan lain sebagainya. Tentu saja, kehadiran toko-toko ini tidak hanya akan menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis, tetapi juga akan sangat memudahkan petani dan peternak untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

4. Peluang Bisnis di Bidang Pendidikan

Jika Anda memiliki keterampilan akademik yang baik, Anda juga dapat memanfaatkan pengetahuan yang anda miliki untuk membuka bisnis Les. Mengingat hingga saat ini keberadaan Bimbingan Belajar masih terpusat di perkotaan.

Untuk membuka usaha ini, Anda tidak perlu modal yang besar. Cukup dengan kemampuan Anda, dan dengan ketersediaan tempat untuk anak-anak dapat belajar. Pada awalnya, Anda dapat memanfaatkan ruangan yang ada di rumah, seperti teras atau ruang tamu, dengan Anda bertindak sebagai tutor.

5. Peluang Bisnis di Bidang Jasa

Yang mengatakan bahwa di desa tidak cocok untuk mengembangkan bisnis jasa? Namun, masyarakat desa-setiap seguyub – masih membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Workshop? Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Misalnya dengan membuka jasa sewa di bidang usaha pertanian. Anda dapat menyewa peralatan pertanian, seperti mesin bajak padi, traktor, pemanen padi, pemotong kayu, penggilingan padi, mobil pengangkut, dan sebagainya.

6. Bisnis Online

Sekarang era internet, semua orang di seluruh dunia dapat terhubung dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Ini adalah kesempatan bagi anda yang tinggal di desa. Karena Anda memiliki banyak waktu luang yang dapat Anda gunakan untuk bisnis online.

Anda bisa menjadi blogger dan menulis di Blog Anda tentang Cara Beternak Bebek, Cara Menanam jagung, dan sangat banyak artikel yang bisa Anda tulis di blog Anda tentang bisnis di desa.

Kemudian anda mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense untuk iklan, dan Anda akan mendapatkan penghasilan yang layak dari iklan dengan hanya duduk dan menulis di depan komputer.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai 6 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan. Semoga dengan pembahasan kami di atas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya, sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Cool Beth

Leave a Reply

Your email address will not be published.