6 Tips Membentuk Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

6 Tips Membentuk Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

Seputarliputan.com6 Tips Membentuk Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini. Di masa lalu, jalur karier sangat sederhana. Pilihannya adalah, Anda melanjutkan profesi orang tua atau sekolah dan bekerja sesuai dengan bidang pengetahuan yang anda bisa di sekolah.

Bagi anda yang sudah memiliki anak, ada banyak pilihan karir untuk anak-anak masa depan. Selain itu, banyak dari mereka adalah karir kreatif yang tidak memiliki pendidikan hingga saat ini.

Itu sebabnya, penting untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan anak-anak sejak usia dini. Meskipun bukan hanya tentang menjadi pengusaha, ada banyak hal yang dapat dipelajari anak-anak dari sini.

Anak-anak dapat belajar untuk lebih bertanggung jawab dan berani untuk mengejar peluang dan memperkenalkan kewirausahaan sejak kecil juga akan mengasah kepercayaan diri dan kreativitas mereka.

Bagaimana Membangun Semangat Kewirausahaan Anak

Pengusaha adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar keuntungan sendiri. Proses mendirikan bisnis dikenal sebagai kewirausahaan.

Baca Juga: Beberapa Komponen Proses Bisnis yang Harus Kalian Pahami

Lalu, bagaimana memperkenalkan kewirausahaan kepada anak-anak? Memeriksa bagaimana terjadinya mari kita simak di bawah ini:

1. Ajari Anak Tentang Pentingnya Uang

Ini bukan tentang mengajar anak Anda untuk menjadi materialistis. Tapi, Anda bisa mulai mengajarkan jiwakewirausahaan dengan melibatkan anak dalam segala percakapan seputar nilai barang, pilihan pembayaran saat melakukan pembelian, budget atau liburan, dan investasi.

Dorong anak untuk menghargai nilai uang, dengan menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Mengatakan bahwa tabungannya akan membantu mewujudkan mimpi apapun di masa depan, misalnya, untuk membeli konsol game terbaru, atau liburan ke luar negeri.

2. Berpartisipasi Anak-Anak Dalam Kegiatan Kewirausahaan

Beberapa sekolah mulai memasukkan kewirausahaan sebagai bagian dari topik pembelajaran anak, salah satunya dengan rutin mengadakan kegiatan Business Day, dimana anak diberi kesempatan untuk melakukan transaksi jual beli, baik sebagai penjual maupun pembeli.

Baca Juga: Deposit di Indodax Sekarang Bisa Lewat BRI? Berikut Caranya

Nah, sebagai cara untuk mengajarkan kewirausahaan, Anda bisa membantu menentukan produk apa yang bisa dia jual. Jangan hanya menjual, tetapi juga berbicara tentang kontrol kualitas dan teknik promosi untuk membuat barang dagangan terlihat menarik.

3. Memperkenalkan Sosok Entrepreneurship

Jika Anda bukan seorang pengusaha, mungkin Anda memiliki kerabat yang memiliki bisnis sendiri. Perkenalkan anak itu kepadanya, dan tunjukkan padanya pekerjaan seperti apa yang dilakukan kerabatnya.

Seorang pengusaha Amerika yang memulai bisnis pakaian dan tekstil hampir 40 tahun yang lalu, mengatakan bahwa melihat orang lain mencoba berwirausaha, lengkap dengan proses jatuh dan bangun, adalah contoh yang baik untuk si kecil.

4. Membiasakan Anak Untuk Menyimpan

Selanjutnya, menanamkan jiwa wirausaha pada anak dapat dilakukan dengan membiasakan anak menabung. Untuk membangun bisnis di masa depan, dibutuhkan banyak modal. Karena itu, akan lebih baik jika anak sudah terbiasa menabung sejak dini.

Baca Juga: 2 Cara Menyadap Whatsapp Lewat Google dan Aplikasi Tambahan

Dengan begitu, anak akan mampu mengelola keuangan secara seimbang. Pengeluaran dan pendapatan yang diterima nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik dan berdampak positif terhadap jalannya suatu usaha.

5. Ajari Anak Untuk Membuat Skala Prioritas

Membina jiwa wirausaha pada anak juga dapat dilakukan dengan mengajarkan anak membuat skala prioritas. Skala prioritas itu sendiri adalah daftar kebutuhan dan keinginan yang diurutkan berdasarkan variabel “penting” dan “mendesak”.

Daftar skala prioritas dapat mengajarkan anak untuk mengetahui kebutuhan apa yang penting dan harus dipenuhi, serta kebutuhan mana yang dapat ditunda atau bahkan dihilangkan. Dengan begitu, nantinya anak-anak akan terbiasa membeli apa yang benar-benar dibutuhkan saja.

Akhir Kata

Sekian dan terimakasih pembahasan yang dapat kami sajikan mengenai 6 Tips Membentuk Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini. Semoga dengan pembahasan kami di atas dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Cool Beth

Leave a Reply

Your email address will not be published.