Apa Itu Bisnis Model Canvas dan Contohnya

Apa Itu Bisnis Model Canvas dan Contohnya

Seputarliputan.comApa Itu Bisnis Model Canvas dan Contohnya. Manajemen bisnis membutuhkan perencanaan sebaik mungkin, cara untuk menggunakan kanvas model bisnis. Pernahkah Anda mendengar tentang model perencanaan bisnis ini?

Banyak perusahaan menggunakan konsep bisnis model canvas, mulai dari startup hingga perusahaan besar. Model bisnis sering digunakan oleh pengusaha dalam pengembangan bisnisnya agar lebih efisien menjangkau target pasar.

Mari kita lihat definisi kanvas model bisnis, apa saja elemen yang harus dipertimbangkan dan bagaimana melakukannya di sini.

Apa itu kanvas model bisnis?

Business Model Canvas (BMC) adalah strategi manajemen yang disusun untuk memecah ide dan konsep bisnis dalam bentuk visual.

Sederhananya, kanvas model bisnis adalah kerangka kerja manajemen untuk memudahkan melihat gambaran ide bisnis dan realisasinya dengan cepat.

Dibandingkan dengan rencana bisnis yang terdiri dari puluhan halaman, kanvas model bisnis jauh lebih ringkas karena diatur dalam satu halaman.

Oleh karena itu, kerangka kerja bisnis ini paling populer di kalangan perusahaan pemula. Model Bisnis canvas diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Alexander Osterwalder, seorang pengusaha Swiss dalam bukunya Business Model Generation.

Di dalamnya, ia menggambarkan kerangka kerja sederhana yang mewakili elemen-elemen penting dalam model bisnis.

9 elemen pada kanvas model bisnis

Kanvas model bisnis terdiri dari 9 elemen penting, di antaranya:

  1. Segmen Pelanggan
  2. Proposisi Nilai
  3. Kanal
  4. Aliran Pendapatan
  5. Sumber Daya Utama
  6. Hubungan Pelanggan
  7. Kegiatan Utama
  8. Kemitraan Utama
  9. Struktur Biaya

Contoh Kanvas Model Bisnis

Agar Anda lebih memahami, dewa web menawarkan contoh kanvas model bisnis dari berbagai industri bisnis sebagai ikhtisar. Mari kita lihat contoh berikut dari BMC.

Gojek Business Model canvas

Berikut adalah contoh model bisnis canvas Untuk Perusahaan Jasa Transportasi Online, Gojek.

Apa Itu Bisnis Model Canvas dan Contohnya

Elemen yang membedakan perusahaan jasa transportasi secara umum adalah sumber daya utama. Jika biasanya perusahaan jasa transportasi harus memiliki aset berupa kendaraan dan tempat parkir yang luas, maka tidak perlu Gojek.

Karena model bisnis Gojek menawarkan nilai baru di mana layanannya didasarkan pada mitra mengemudi dengan kendaraan mereka sendiri. Inilah alasan mengapa model bisnis Gojek lebih efisien dan dapat menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Contoh model bisnis bisnis makanan kanvas

Selanjutnya, berikut ini adalah contoh model bisnis kanvas untuk perusahaan makanan. Jika bisnis Anda bergerak di bidang memasak, contoh berikut bisa menjadi gambar sederhana untuk anda terapkan. Sesuaikan segmentasi dengan target konsumen bisnis anda, lalu hubungkan dengan elemen lain.

You May Also Like

About the Author: Roberto

Leave a Reply

Your email address will not be published.