Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama

Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama

Seputarliputan.comCara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama. Produk perikanan adalah produk yang diolah dari ikan sehingga menjadi produk yang siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen.

Produk perikanan seperti Bakso Ikan, Ikan Asap, terasi, ikan pempek, dan masih banyak lagi. Sedangkan produk perikanan berupa barang, bisa berupa hiasan bros atau mainan hijab yang terbuat dari sisik ikan, dan masih banyak lagi.

Ketika produk perikanan diolah untuk menghasilkan suatu produk tentu memiliki tahapan sehingga tidak mudah untuk memproduksinya. Bagaimana cara mengawetkan Produk Perikanan agar tahan lama?

Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama

Pertama, ketika kita ingin mengawetkan produk perikanan, kita bisa membuat produk olahan perikanan dalam bentuk makanan seperti pempek, yang diawetkan dengan diolah menjadi makanan dengan kombinasi tepung dan sagu sehingga menjadikan ikan sebagai bahan utama bisa bertahan lama.

Baca Juga: Apa Itu Workshop? Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Biasanya ikan pempek bisa bertahan hingga 24 jam, atau bahkan hingga 3 hari. Pempek beku atau diberikan pada suhu tinggi dapat bertahan hingga 4-5 hari. Yang kedua adalah bakso ikan. Bakso Ikan adalah makanan olahan yang juga berasal dari produk perikanan.

Padahal, pada suhu tinggi bisa bertahan hingga 15 hari,namun tergantung bahan seperti ikan yang digunakan masih segar atau belum, karena kualitas bahan yang digunakan juga menentukan daya tahan produk.

Selanjutnya, produk perikanan yang bisa tahan lama adalah ikan asap. Ikan asap adalah ikan yang telah dibersihkan dan kemudian dihisap menggunakan teknologi sederhana dan modern.

Biasanya ikan diisap menggunakan alat atau bisa juga dengan bantuan asap yang bersumber dari arang yang dibakar. Produk yang satu ini biasanya banyak diminati oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama. Semoga dengan pembahasan kami di atas dapat bermanfaat buat kalian semuanya, sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Cool Beth

Leave a Reply

Your email address will not be published.