Inilah Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Seputarliputan.com – Oke sobat setia, jumpa kembali dengan admin, kali ini admin akan memberikan informasi terbaru. Yaitu tentang Inilah Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan Ibu Hamil.

Nah buah kundur atau dikenal juga dengan sebutam melon musim dingin merupakan tanaman asli dan khas dari Asia bagian selatan.

Ciri fisik dari buah ini adalah panjang dan sedikit bulat. Setelah buahnya matang, bagian luar buah yang berbulu akan berubah menjadi lapisan bubuk berwarna abu-abu.

Tekstur buah ini hampir mirip sekali dengan timun, sementara untuk daging buahnya kerapdi jadikan olahan berbagai menu di kawasan Cina dan India.

Selain rasanya yang enak dan lembut, buah kundur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil.

Bahkan, di India dan Tiongkok buah ini sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal selama berabad-abad dalam obat tradisional.

Inilah Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebelum mengetahui manfaat dari buah satu ini, sebaiknya Anda ketahuiebih dulu kandungan apa saja yang ada di dalam buah kundur ini.

Nutrisi dalam Buah Kundur

Kundur atau dengan nama winter melon ini merupakan buah yang tumbuh di negara tropis, salah satunya mudah di temukan di Indonesia.

Buah ini memiliki nama latin yaitu Benincasa Hispida dan biasa dikenal dengan sebutan beligo atau baligo. Buah kundur diketahui mengandung vitamin dan mineral yang efektif meningkatkan kesehatan pada jaringan tubuh.

Melansir penelitian sumber kesehatan, buah kundur mengandung sekitar 96 persen air, rendah kalori, mengandung lemak baik, tinggi protein dan karbohidrat yang optimal.

Tak hanya itu, di dalamnya terdapat juga beberapa vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, dan zat besi yang tinggi.

  • Vitamin C yang memenuhi 14 persen kebutuhan gizi harian
  • Riboflavin yang memenuhi 8 persen kebutuhan gizi harian
  • Seng yang memenuhi 6 persen kebutuhan gizi harian

Bahkan tidak hanya itu, buah kundur merupakan sumber zat flavonoid dan karoten yang tinggi. Kedua antioksidan tersebut dipercaya membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel, mengatasi kondisi penyakit tertentu.

Meskipun namanya cukup asing, buah yang bentuknya mirip melon dan labu ini bisa Anda jumpai di pasar tradisional bahkan saat ini sudah banyak di jumpai di sekitar lingkungan kita.

Nah selain itu ada manfaat yang sehat juga dari kandungan buah kundur untuk kehamilan, jadi tentunya buah ini sangat aman di konsumsi ibu hamil.

Meningkatkan Pencernaan

Tingginya kandungan air dan serat serta kalori yang rendah membuat buah kundur dapat membantu meningkatkan pencernaan saat hamil.

Apalagi buah satu ini merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Jenis serat ini membentuk zat seperti gel di usus, yang memperlambat proses pencernaan dan membantu meningkatkan rasa kenyang.

Karena kandungan karbohidratnya yang rendah, panganan satu ini cocok untuk anda yang trngah mengandung yang juga sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Mencegah Tukak Lambung

Buah kundur memiliki banyak manfaat untuk saluran pencernaan terutama pada tukak lambung. Selain melancarkan, konsumsi panganan ini juga bisa mencegah luka bagian dingding di dalam lambung.

Tukak lambung adalah kondisi dimana terjadi luka di lapisan perut bagian lambung. Salah satu gejala yang ditimbulkan saat Anda mengalami penyakit ini adalah sakit perut yang cukup hebat.

Mengurangi Peradangan

Manfaat lain dari buah kundur adalah dapat mengurangi peradangan dengan cepat. Kondisi ini merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh dan berperan dalam proses penyembuhan lukanya.

Nah oleh itu khasiat dari ekstrak buah kundur dapat mengurangi peradangan. Seperti yang Anda ketahui, peradangan merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit kronis.

Penutup

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan terkait informasi di atas, semoga ulasannya dapat bermanfaat dan membantu. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Gisel

Leave a Reply

Your email address will not be published.