Manfaat Kasih Sayang

Manfaat Uangkap Kasih Sayang

Seputarliputan.comManfaat Uangkap Kasih Sayang. Artikel informasi kesehatan ibu dan anak (KIA) 5 Manfaat kasih sayang ibu untuk kesehatan anak-ada ungkapan cinta ibu sepanjang waktu, Ternyata Ini bukan hanya sebuah penemuan. Karena manfaat kesehatan dari kasih sayang ibu berkisar dari perkembangan otak hingga kehidupan seks.

“Hubungan pertama anak adalah dengan ibu yang dapat mempengaruhi hubungan emosional di kemudian hari,” kata Profesor dan psikiater Allan Schore, PhD dari UCLA, dikutip dalam Everyday, Sabtu (12/22/2012).

Penelitian mendukung teori ini, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikatan antara ibu dan anak dapat mempengaruhi otak, jantung, tubuh, dan bahkan kehidupan seks seseorang. Berikut adalah manfaat:

1. Ini bisa menjadi nutrisi bagi otak

Kasih sayang ibu tidak hanya baik untuk jantung dan jiwa, tetapi juga nutrisi untuk otak. Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Washington melakukan pemeriksaan pada anak-anak berusia 7 hingga 10 tahun. Anak-anak yang menerima perawatan dan dukungan ibu memiliki daerah otak hippocampal yang lebih besar daripada anak-anak yang menerima lebih sedikit kasih sayang.

Hippocampus adalah wilayah otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran, selain menjadi dasar untuk perkembangan anak dan juga untuk kinerja akademis mereka di sekolah.

Adapun ibu, kasih sayang yang diberikan kepada anaknya menyebabkan otaknya juga bertambah besar selama menjadi ibu baru, terutama di bidang yang berkaitan dengan kesenangan, penilaian, penalaran dan perencanaan.

2. Lebih sehat di usia paruh baya

Orang dengan ibu yang sangat penuh kasih dan ayah yang tulus menempatkan Anda pada risiko lebih rendah terkena penyakit sindrom metabolik seperti diabetes tipe 2. Para peneliti berspekulasi bahwa ini terkait dengan tingkat stres yang lebih rendah saat menerima kasih sayang ibu, sehingga risiko peradangan dan sensitivitas insulin juga menurun.

3. Mengurangi risiko obesitas

Sebuah studi oleh Ohio State University menemukan bahwa ikatan emosional yang lemah antara ibu dan anak dikaitkan dengan kemungkinan bahwa anak akan kelebihan berat badan di kemudian hari. Bahkan, dalam penelitian ini, lebih dari 25% anak-anak mengalami obesitas saat remaja karena mereka memiliki hubungan yang buruk dengan ibu mereka.

Para peneliti mengatakan area di otak yang mengendalikan emosi dan stres juga membantu mengendalikan nafsu makan dan keseimbangan energi, sehingga mengurangi risiko makan berlebihan.

4. Memiliki kehidupan seks yang sehat

Penelitian telah menemukan bahwa ibu juga membantu mensosialisasikan anak-anak mereka dengan tanggung jawab seksual, sehingga mereka dapat membantu anak-anak memiliki pandangan yang benar tentang seks. Sama seperti anak perempuan yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan ibu mereka cenderung memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

5. Hubungan romantis yang lebih stabil

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa anak-anak yang kurang kasih sayang dan dukungan dari orang tua, terutama ibu, cenderung memiliki hubungan romantis yang tidak stabil.

Meski begitu, hasil ini tidak kausal, karena itu tidak berarti bahwa jika dia tidak memiliki hubungan yang sehat dengan ibunya, dia tidak akan memiliki hubungan yang baik dengan pasangannya. – 5 Manfaat kasih sayang ibu untuk kesehatan anak.

You May Also Like

About the Author: Roberto

Leave a Reply

Your email address will not be published.