Mengenal Apa Itu Banker Clause Dalam Fasilitas Kredit dan Asuransi

Mengenal Apa Itu Banker Clause Dalam Fasilitas Kredit dan Asuransi

Seputarliputan.comMengenal Apa Itu Banker Clause Dalam Fasilitas Kredit dan Asuransi. Dalam produk keuangan, ada istilah yang disebut banker clause atau dalam bahasa kita disebut bank clause.

Klausul Bankir ini termasuk dalam polis asuransi. Munculnya klausul ini disebabkan oleh adanya hubungan utang-piutang antara kreditor dan debitur di mana jaminan dalam bentuk objek pertanggungan akan menjadi milik bank.

Tujuan utama dari klausul bank adalah untuk meminimalkan risiko kredit yang mungkin terjadi. Bank akan melakukan banker clause sebagai bentuk mitigasi terhadap risiko Pinjaman atau pinjaman yang diberikan kepada nasabah.

Jadi sebenarnya klausul bank tidak hanya terkandung dalam polis asuransi tetapi juga dalam Perjanjian Kredit. Jika Anda masih belum terbiasa dengan istilah yang terkait dengan kredit dan asuransi, berikut adalah informasi yang dapat kalian pahami.

Penerapan Banker Clause Pada Perbankan

Mengapa klausul banker harus digunakan oleh bank? Nasabah yang melakukan kredit di bank seringkali tidak menyadari adanya produk asuransi baik Asuransi Kerugian maupun asuransi jiwa yang terdapat dalam fasilitas kredit tersebut.

Dengan demikian mengacu pada penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa banker clause atau klausul bank adalah klausul yang menjelaskan hak bank untuk menerima pertanggungan dalam hal pembayaran klaim asuransi.

Hak yang diberikan kepada bank untuk menerima pembayaran klaim asuransi dijelaskan dan dikonfirmasi melalui polis asuransi dan Perjanjian Kredit.

Baca Juga: Bisnis Katering dan Cara Memulainya Agar Cepat Sukses

Dalam polis, dijelaskan secara rinci bahwa bank akan menerima kompensasi jika terjadi suatu peristiwa terhadap objek yang diasuransikan oleh asuransi. Adapun untuk mengurus klaim asuransi dilakukan oleh debitur atau ahli warisnya atau orang yang diberi surat kuasa.

Klausul Bankir biasanya merupakan klausul tambahan yang diberikan oleh bank kepada debitornya. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan atau kompensasi jika debitur tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan kewajibannya dalam membayar kredit.

Penerapan Klausa bank atau Banker Clause

Meskipun berfungsi sebagai jaminan atas risiko kredit yang diambil oleh nasabah atau debitur, bukan berarti bank dapat langsung menerima ganti rugi jika terjadi suatu peristiwa pada objek asuransi sebagaimana tercantum pada polis.

Seperti halnya produk asuransi pada umumnya, Tata Cara Pengajuan Klaim tetap harus dilakukan langsung oleh tertanggung, ahli waris dan kuasanya.Misalnya, jika debitur meninggal, ahli waris atau pihak yang diberi kuasa dapat mengajukan klaim atas produk asuransi tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Pengeditan Video Android

Selanjutnya, setelah proses pengajuan klaim selesai dan diurus oleh debitur, ahli waris dan kuasanya, maka Uang Pembayaran Klaim diberikan kepada bank sebagai pelunasan kredit.

Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan ketika jenis asuransi yang diikuti adalah asuransi jiwa. Ketika tertanggung meninggal dunia, ahli waris dapat mengajukan klaim yang isinya adalah agar sisa kewajiban kredit yang dimiliki Tertanggung dapat dilunasi oleh perusahaan asuransi.

Jadi bank akan menerima pembayaran dari perusahaan asuransi bukan dari ahli waris debitur. Agar proses pembayaran sisa kredit dapat dilakukan oleh perusahaan asuransi, ahli waris atau yang diberi kuasa harus mengurus klaim sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ahli waris harus menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan klaim termasuk sertifikat kematian debitur dan surat penunjukan sebagai ahli waris. Setelah semua prosedur terpenuhi dan proses dilakukan maka perusahaan asuransi dapat membayar sisa kredit dari ke bank.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Mengenal Apa Itu Banker Clause Dalam Fasilitas Kredit dan Asuransi. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat buat kalian semuanya, sekian dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Cool Beth

Leave a Reply

Your email address will not be published.